Program Kampus Merdeka Bank Indonesia

Merdeka Belajar Bersama Bank Indonesia

Bank Indonesia mengundang Putra/Putri terbaik bangsa, Mahasiswa Program S1 atau S2 dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia, untuk bergabung ke dalam Program Kampus Merdeka  di Bank Indonesia. Melalui program ini, Bank Indonesia mengintegrasikan kegiatan pembelajaran berupa learningproject/research, dan working experience sehingga peserta dapat mengembangkan  potensi terbaik dirinya menjadi SDM unggul, memiliki daya saing, berwawasan luas dan memiliki kesiapan memasuki dunia kerja di bidang Kebanksentralan ataupun bidang Ekonomi dan Keuangan. 

Bank Indonesia Mendukung Terciptanya SDM Unggul melalui Program Kampus Merdeka

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Melalui peraturan ini, Kemendikbud mengeluarkan kebijakan umum Kampus Merdeka yang memberikan keleluasaan bagi Perguruan Tinggi dan mahasiswa untuk menentukan konsep pembelajaran secara mandiri.
  2. Melalui program ini, mahasiswa memiliki hak belajar selama tiga semester di luar program studi dengan rincian satu semester di program studi berbeda pada Perguruan Tinggi yang sama dan dua semester di luar Perguruan Tinggi untuk praktik kerja (magang), pertukaran pelajar, proyek di desa, wirausaha, riset, studi/independen, dan mengajar di daerah terpencil.
  3. Bank Indonesia berkomitmen penuh untuk mendukung program Kampus Merdeka dengan memberikan kesempatan belajar di Bank Indonesia hingga dua semester bagi mahasiswa-mahasiswa terpilih dari Perguruan Tinggi.

Program Kampus Merdeka di Bank Indonesia

Cakupan program Kampus Merdeka di Bank Indonesia meliputi tiga aktivitas pengembangan yaitu learning, project/research, dan working experience dalam durasi 1 sampai 2 semester. Peserta adalah mahasiswa berasal dari Perguruan Tinggi yang telah memiliki Nota Kesepahaman dengan Bank Indonesia.

Area Pengembangan Program Kampus Merdeka

di Bank Indonesia

Program Kampus Merdeka di Bank Indonesia mencakup tiga area pengembangan talent dengan pendekatan KSA Model, yaitu:

  1. KNOWLEDGE; Penguatan pengetahuan  dan pemahaman terhadap fungsi dan tugas Bank Sentral melalui kegiatan pembelajaran (cognitive task).
  2. SKILL; Penerapan pengetahuan peserta melalui project/research yang diberikan (action task).
  3. ATTITUDE; Pembentukan perilaku yang sesuai dengan etika bekerja, antara lain interpersonal skill dan problem solving melalui working experience dan mentoring (behaviour tasks).

Syarat dan Ketentuan

  1. Seleksi kandidat peserta dilakukan oleh Perguruan Tinggi, dengan kriteria:
    • IPK minimal 3,25 atau 3,00 dengan beberapa catatan prestasi atau pengalaman organisasi
    •  Direkomendasikan oleh Perguruan Tinggi
    • Memiliki pengetahuan teknis dasar terkait project/research
    • Memiliki komitmen dan motivasi yang tinggi
    • Program dapat dilakukan di Kantor Pusat maupun di Kantor Perwakilan Bank Indonesia
  2. Penentuan peserta yang diterima ditentukan oleh Bank Indonesia setelah dilakukan interview dengan mempertimbangkan konsentrasi bidang yang dituju dan ketersediaan tempat
  3. Memiliki pengetahuan dasar tentang Kebanksentralan (e-learning Modul Kebanksentralan dapat diambil sebelum program dimulai)